Kenali Penyebab Karat pada Tangki serta Pencegahannya

Musim penghujan telah tiba! Selain menjaga daya tahan tubuh, pastikan juga performa motor. Pasalnya, air tersebut mengandung zat asam yang mampu menimbulkan kerusakan tersendiri. Misalkan, membuat tangki berkarat, lebih-lebih jenis sport. Hal ini dikarenakan letaknya berada di luar, sehingga mudah terpapar. Sebelum terjadi, yuk simak pencegahannya.

Jangan Biarkan Air Hujan Mengering di Atas Tangki

            Tips perawatan motor atau spesifiknya tangki yang bisa dilakukan selama musim penghujan adalah menjaganya dalam keadaan kering. Setelah disiram dengan air bersih, lap menggunakan kanebo. Lakukan juga pada bagian lain ya, karena sama-sama berpotensi berkarat.

Usahakan Tangki Bensin Selalu Terisi

            Ada kegunaan tidak langsung nih dari bensin. Selain sebagai bahan bakar, dapat memelihara kondisi tangki agar tidak berlubang.

Kalau tangki kosong, apalagi sampai kering kerontang, ruang kosong tersebut akan diisi oleh udara. Selanjutnya, uap air akan timbul dan lama kelamaan menjadi pemicu kerusakan tersebut.

Memperhatikan Kondisi Karet Penutup Tangki

            Salah satu penyebab air hujan masuk dalam tangki adalah karet penutupnya yang kurang rapat. Selain tentu saja menimbulkan karat, unsur kimia dengan rumus H20 tersebut akan mengendap di dasar. Hal ini dikarenakan massa air lebih besar dari bensin.

Selain tips yang ada pada poin-poin di atas, semprotkan cairan khusus untuk mencegah timbulnya karat. Paling penting, gunakan motor secara berkala, jangan dibiarkan terlalu lama menganggur, dan jaga selalu kebersihan.

Lakukan Hal Berikut Jika Telanjur Berkarat

            Tangki yang berkarat memang mengurangi penampilan kendaraan beroda dua ini. Kalau sudah begitu, bawaannya pengin beli motor baru. Jangan terburu-buru, bro sist. Ada solusinya, kok. Murah meriah lagi.

Pertama-tama, lepaskan tangki dari motor. Kemudian, kuras sisa-sisa bensin sampai bersih. Setelah itu, isi penuh tangki dengan air cuka. Untuk hasil maksimal, diamkan seharian. Sebagai sentuhan akhir, bilas sampai bersih dan kocok-kocok menggunakan bensin. Jangan lupa dikeringkan ya.

Sementara untuk karat yang sudah mengerak alias membandel, cara ‘mengangkatnya’ berbeda. Pertama-tama, dilakukan pengamplasan dan jenisnya tergantung ketebalan karat. Kedua, kalau keadaan karat sudah benar-benar parah, cat ulang motor berkarat. Tahapannya, bersihkan mesin terlebih dahulu, amplas, dan bongkar seluruh bagian.

Itu dia penyebab motor berkarat. Ternyata, dalangnya air hujan yang mengandung zat asam. Namun, tidak perlu risau lagi. Tips perawatan motor di atas sangat ampuh. Jadi, perlakuan sederhana dapat menekan keinginan untuk membeli motor baru, karena tampilannya tidak lagi menarik akibat karat. Jangan lupa selalu sedia jas hujan ya selama perjalanan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *