Memasuki Musim Hujan, Yuk Rawat Motor dengan 10 Tips Berikut

Seperti tubuh, si kuda besi juga memerlukan perhatian lebih saat memasuki musim hujan. Pasalnya, air tersebut mengandung asam yang bisa merusak bodi dan jeroan kendaraan beroda dua ini. Jangan sampai terjadi, deh. Diandalkan untuk alat transportasi sehari-hari, malah bermasalah begini. Untuk itu, yuk simak tips perawatan motor berikut.

Mencuci Motor Setelah Kehujanan

            Zat asam pada air hujan bisa melunturkan cat. Alhasil, tampilan tidak akan kinclong lagi. Jadi, kudu cuci motor deh setelah kehujanan. Apalagi, bisa menghindarkan dari proses pengkaratan juga. Kalau tidak punya banyak waktu, cukup mengguyurnya sampai bersih untuk menjaga warna.

Mengecek Tekanan Udara dalam Ban

            Poin yang satu ini tidak kalah pentingnya, nih. Kalau sampai tekanan udara dalam ban berkurang, tarikan motor menjadi berat dan membuat kembangan cepat gundul. Buruan cari bengkel terdekat atau pom bensin, ya!

Mengecek Rantai Secara Berkala

            Tips perawatan motor saat musim hujan harus memperhatikan poin ini. Kalau rantai berkarat, gawat banget pastinya. Untuk itu, bersihkan, kencangkan, dan jangan lupa lumasi dengan chain lube.

Kampas Rem

            Kampas rem terbuat dari asbes yang bisa menggelembung saat terkena air hujan dan mengeras saat kering. Solusinya, setelah mencuci motor, sering-seringlah injak pedal. Sementara untuk jenis cakram, perlu perlakuan ekstra nih, karena tidak ada tutupnya.

Mengecek Kondisi Busi

            Beli motor baru dalam jarak berdekatan, karena performa tidak lagi memuaskan? Jangan salahkan hujan. Lakukan saja tips pada poin ini untuk upaya pemeliharaan. Caranya, buka karet penutup atau bagian kepala untuk memastikan apakah ada sisa-sia air yang masuk atau tidak. Setelah itu, keringkan menggunakan lap dan bersihkan. Dijamin sistem perapian terjaga dengan baik.

Membersihkan Saringan Udara

            Kepingin motor baru, tapi tidak ada dana? Hm, coba kalau dirawat betul-betul. Bakalan awet deh, tidak perlu beli apalagi belum bosan. Salah satu caranya adalah membersihkan saringan udara. Pasalnya, kalau komponen ini kotor, pembakaran di ruang bakar mesin akan terganggu.

Mengecek Knalpot

            Sistem pembuangan udara akan terganggu nih kalau ada air hujan yang masih tertinggal di bagian knalpot. Apalagi, di area mesin. Kalau sudah begitu, kudu segera mengganti oli motor agar tetap nyaman dikendarai.

Velg Motor

            Selain rantai, komponen ini rawat terjadi proses pengkaratan. Lebih-lebih, untuk model jari-jari yang memudahkan kotoran menempel. Setelah mencucinya, pastikan dalam keadaan kering, ya.

Rem Depan dan Belakang

            Tips perawatan motor berikutnya adalah memperhatikan keadaan rem depan agar tidak berdecit saat digunakan. Selain itu, tindakan untuk kampas rem di atas juga sangat membantu.

Menjauhkan Kabel Bodi dari Air

            Komponen ini nih yang paling menyeramkan saat terkena air hujan. Selain menyebabkan korsleting, bagian kelistrikan di motor akan rusak. Pokoknya, harus aware banget, apalagi bodi dengan model terbuka.

Itulah 10 tips perawatan motor sederhana saat musim penghujan yang ampuh untuk mencegah beli motor baru dalam waktu berdekatan. Kalau masalah performa, motor baru pun akan tetap bermasalah kalau tidak diberikan perlakuan ekstra.

           

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *